Oleh
Dwi Haryanto
Penilaian Oleh Pendidik
Dasar:
- PP 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (pasal 22 ayat 2): Teknik penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa tes tertulis, observasi, tes praktik, dan penugasan perseorangan atau kelompok.
- Permendiknas No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan (Lampiran)
Prinsip Penilaian
- Shahih, penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
- Objektif, penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektifitas penilai.
- Adil, penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik.
- Terpadu, penilain merupakan komponen yang tak terpisah dengan kegiatan pembelajaran.
- Terbuka, prosedur penilaian,kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan.
- Menyeluruhdanberkesinambungan, penilian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai.
- Sistematis, dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
- Beracuan kriteria, penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
- Akuntabel, dapat dipertanggung jawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Kegiatan Penilaian Oleh Pendidik
- Mengembangkan indikator pencapaian KD dan memilih teknik penilaian yang sesuai.
- Mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian yang dipilih pada saat menyusun silabus.
- Melaksanakan tes dll.
- Mengolah hasil penilaian.
- Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa.
- Hasil penilaian dimanfaatkan untuk perbaikan pembelajaran.
- Melaporkan kepada pimpinan sekolah (satu nilai dan deskripsi).
- Melaporkan penilaian akhlak (ke guru Agama), kepribadian (ke guru PKn).
Syarat Instrumen Penilaian
- Substansi, mereprentasikan kompetensi yang dinilai.
- Konstruksi, memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan.
- Bahasa, yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan siswa.
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Tes Tulis : Uraian, PG, menjodohkan, isian
Tes Lisan : Daftar Pertanyaan
Tes Praktik : Lembar uji praktik
Observasi : Lembar Observasi
Penugasan : Rubrik Tugas Proyek
TES TERTULIS
1. Tes Tulis Uraian
a. Uraian Bebas
Memberi kebebasan dalam menyusun jawaban.
Contoh: Mengapa saat ini harga kebutuhan pokok terus naik?
b. Uraian Terbatas/terstruktur
Soal yang menuntut jawaban terbatas
Contoh: Menurut UUD 1945, apa yang dimaksud dengan HAM?
2. Tes Tulis Objektif
Pilihan ganda dan sejenisnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar