Powered By Blogger

Sabtu, 30 April 2011

PENILAIAN OLEH PENDIDIK

Oleh
Dwi Haryanto



Penilaian Oleh Pendidik 

Dasar:
 
  1. PP 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (pasal 22 ayat 2): Teknik penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa tes tertulis, observasi, tes praktik, dan penugasan perseorangan atau kelompok.
  2. Permendiknas No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan (Lampiran)


Prinsip Penilaian
  • Shahih, penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
  • Objektif, penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektifitas penilai.
  • Adil, penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik.
  • Terpadu, penilain merupakan komponen  yang tak terpisah dengan kegiatan pembelajaran.
  • Terbuka, prosedur penilaian,kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan.
  • Menyeluruhdanberkesinambungan, penilian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai.
  • Sistematis, dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
  • Beracuan kriteria, penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
  • Akuntabel, dapat dipertanggung jawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.




Kegiatan Penilaian Oleh Pendidik
  1. Mengembangkan indikator pencapaian KD dan memilih teknik penilaian yang sesuai. 
  2. Mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian yang dipilih pada saat menyusun silabus. 
  3. Melaksanakan tes dll.
  4. Mengolah hasil penilaian.
  5. Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa.
  6. Hasil penilaian dimanfaatkan untuk perbaikan pembelajaran.
  7. Melaporkan kepada pimpinan sekolah (satu nilai dan deskripsi).
  8. Melaporkan penilaian akhlak (ke guru Agama), kepribadian (ke guru PKn).
Syarat Instrumen Penilaian 
  1. Substansi, mereprentasikan kompetensi yang dinilai.   
  2. Konstruksi, memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan.   
  3. Bahasa, yang baik dan benar serta komunikatif  sesuai dengan taraf perkembangan siswa.


    Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian 
                    Teknik                                      Bentuk Instrumen
          Tes Tulis                                      :  Uraian, PG, menjodohkan, isian
          Tes Lisan                                     :  Daftar Pertanyaan
          Tes Praktik                                  :  Lembar uji praktik
          Observasi                                    :  Lembar Observasi
          Penugasan                                  :  Rubrik Tugas Proyek


    TES TERTULIS  
    1. Tes Tulis Uraian
      
    a. Uraian Bebas
      
    Memberi kebebasan dalam menyusun jawaban.

      
    ContohMengapa saat ini harga kebutuhan   pokok terus naik?
     
      
    b. Uraian Terbatas/terstruktur
      
    Soal yang menuntut jawaban terbatas

      
    ContohMenurut UUD 1945, apa yang   dimaksud dengan HAM?
     
    2. Tes Tulis Objektif

        Pilihan ganda dan sejenisnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar